Jumat, 22 Maret 2019

Perhatikan Tata Krama Ini Saat Liburan ke Jepang

Perhatikan Tata Krama Ini Saat Liburan ke Jepang

Jepang adalah salah satu negara yang menganut budaya konteks tinggi sehingga memberikan perhatian lebih pada sopan santun dan tata krama. Tata krama tersebut tidak hanya diberlakukan kepada warga Jepang, tetapi bahkan kepada seluruh turis yang datang.

Berikut ini adalah beberapa tata krama yang harus diperhatikan ketika Anda sedang berkunjung ke Jepang. Panduan ini akan sangat berguna untuk membantu Anda beradaptasi di sana.

1. Memberi dan menerima dengan kedua tangan

Cara menghargai sesuatu di Jepang adalah dengan memberi dan menerima dengan kedua tangan mereka, bahkan untuk sesuatu yang kecil seperti kartu nama.

2. Tidak makan sambil jalan

Umumnya orang Jepang tidak makan sambil jalan. Kalau pun mereka mampir ke stan makanan cepat saji di jalanan, maka akan dimakan saat itu juga sambil berdiri. Sementara minuman yang dibeli dari banyak mesin penjual otomatis yang tersedia di tempat umum juga langsung dikonsumsi di sana. Selain itu, mereka juga menghindari makan dan minum di angkutan umum karena dianggap sebagai suatu perbuatan yang tidak sopan, kecuali untuk perjalanan jarak jauh.

3. Tidak meninggalkan tip

Tidak seperti di Indonesia atau negara Barat, orang Jepang tidak suka bila diberi tip. Hal tersebut tidak jarang dianggap sebagai sebuah penghinaan. Oleh karena itu, ketika Anda meninggalkan beberapa lembar atau koin di meja makan restoran, maka pelayan pasti akan mengejar Anda untuk mengembalikan uang tersebut.

4. Tidak menggunakan sepatu di dalam ruangan

Lazimnya kita lihat di televisi atau dorama Jepang, mereka akan meninggalkan sepatunya di luar dan masuk menggunakan sandal yang ada di pintu masuk. Kebiasaan ini tidak hanya berlaku di dalam rumah, tetapi juga di berbagai tempat, seperti tempat ibadah, sekolah, hotel dan berbagai tempat lainnya. Sepatu yang digunakan di luar dianggap tidak bersih sehingga harus diganti ketika memasuki rumah.

5. Makan dengan sumpit

Orang Jepang akan lebih terkesan apabila Anda makan menggunakan sumpit. Namun, perlu diperhatikan, jangan sampai meletakkan sumpit tersebut secara vertikal dalam mangkuk Anda karena kebiasaan tersebut menyerupai ritual di pemakaman. Sebagai gantinya, Anda dapat memegang sumpit tersebut di sebelah piring Anda. Selain itu, hindari pula menggosok-gosokkan sumpit Anda secara bersamaan, karena kebiasaan tersebut dianggap sebagai hal yang tidak sopan.

0 komentar:

Posting Komentar