Minggu, 24 Maret 2019

Tips Agar Tidak Terjerat Utang Kartu Kredit Dari BCA

Tips Agar Tidak Terjerat Utang Kartu Kredit Dari BCA

Kartu Kredit memiliki sejumlah manfaat dan memberikan banyak kemudahan bertransaksi bagi para pemegangnya. Namun, juga memiliki dampak buruk bagi yang tidak bijak dalam menggunakan. Salah satunya adalah terlilit jerat utang.

Executive Vice President BCA, Divisi Kredit Konsumer, Felicia Mathilda Simon, mengatakan hal yang paling penting dalam memanfaatkan kartu kredit adalah menyesuaikan belanja dengan kemampuan finansial.

"Kita harus ukur kemampuan kita saat melakukan spending," kata dia kepada Merdeka.com, di ICE BSD, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (22/2).

Dia mengakui bahwa beragam promo yang ditawarkan memang menjadi godaan tersendiri bagi pemegang kartu kredit. Oleh karena itu, harus diputuskan apakah barang yang ditawarkan memang benar-benar dibutuhkan.

"Kan ada banyak juga kan godaan-godaan, ada promo ini, promo itu. Kita harus mampu mengelola apakah kita pertama, perlu tidak kita beli," jelas dia.

"Kedua secara finansial kita sudah siap tidak secara finansial. Kan suka lupa tuh. Kepingin beli, sudah beli, gesek-gesek kartu kreditnya. Pas disuruh bayar ada sedikit gangguan di sana. (Perlu) disiplin untuk mengatur keuangan," imbuhnya.

Di temui di tempat yang sama, Executive Vice President BCA, Divisi Transaction Banking Business Development, Mira Wibowo, menegaskan bahwa para pemegang kartu kredit harus menyadari bahwa kartu kredit adalah salah satu alat pembayaran.

"Kartu kredit itu kan sebetulnya sebagai alat bayar ya. Jadi jangan dipakai juga untuk terlalu banyak berutang," jelas Mira.

Menurut dia, Bank BCA pun telah mempermudah para pemegang kartu kredit untuk mengelola pengeluaran lewat fitur internet banking BCA. "Ya sudah pasti lah bahwa (belanja dengan kartu kredit) tidak boleh keluar dari kemampuan itu nomor satu. Di BCA kita (pengguna) bisa cek penggunaan, tanpa harus tunggu tagihan," ujar dia.

Dengan fitur itu, pemegang kartu kredit bisa mengecek secara mandiri berapa pengeluarannya. "Kita ada dengan Internet banking bisa cek tagihan berjalannya berapa. Supaya tidak lewat. Bisa mengelola," tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar