Jumat, 22 Maret 2019

Tips Liburan Seru Ajarkan Nasionalisme pada Anak

Tips Liburan Seru Ajarkan Nasionalisme pada Anak

Semakin berkembangnya teknologi dan arus globalisasi, rasa nasionalisme di kalangan pemuda bisa terkikis perlahan-lahan. Generasi milenial yang dekat dengan budaya modern mulai tidak mengenal budaya Indonesia.

Budaya luar yang dikonsumsi melalui film, lagu, atau tayangan di internet kerap dianggap lebih keren dan viral dibandingkan budaya asli Indonesia. Bahkan, kini ada kecenderungan anak-anak lebih suka memakai Bahasa asing untuk berkomunikasi dibandingkan bahasa ibu sendiri, yaitu Bahasa Indonesia.

Perkembangan tersebut tetap bisa dikonsumsi generasi muda tanpa harus meninggalkan budaya Indonesia. Dengan cara menyenangkan sambil liburan, bisa belajar budaya Indonesia dengan banyak cara yang menyenangkan.

Salah satunya dengan menghabiskan liburan di Kampung Warna Kolaborasi dari JAPFA yang akan digelar pada 7-11 September 2018 di AEON BSD Mall. Pada acara ini terdapat banyak spot untuk belajar nasionalisme dengan cara yang menyenangkan.

Berikut 5 hal seru yang bisa Anda temui dalam Kampung Warna Kolaborasi untuk mengajarkan nasionalisme bagi generasi milenial sembali menghabiskan waktu liburan.

1. Menonton film edukasi Indonesia

Tidak kalah dari negara-negara lain, industri film di Indonesia juga semakin berkibar. Agar generasi muda bisa makin mencintai negerinya, ia bisa diajak untuk menonton film sejarah ataupun edukasi.

Misalnya saja film Kartini dan Soekarno yang menceritakan jasa pahlawan nasional, atau film Laskar Pelangi dan Cahaya dari Timur yang bisa menyemangati anak untuk belajar dan berprestasi setinggi mungkin.

2. Mengunjungi museum

Salah satu cara untuk menumbuhkan rasa nasionalisme pada generasi muda adalah dengan mengajaknya mengunjungi museum-museum yang ada di Indonesia, seperti Museum Nasional Indonesia berisi koleksi sejarah Indonesia seperti prasasti dan keramik. Bisa juga ke Museum Fatahillah berisi penjelasan sejarah berdirinya Kota Jakarta. Dan Museum Wayang berisi lebih dari 4.000 koleksi wayang dari berbagai negara, terutama dari Indonesia.

3. Mengenalkan Cerita Rakyat Indonesia

Generasi muda jaman sekarang hafal dengan jalan cerita komik superhero dari Amerika. Tapi, mereka mungkin belum pernah mendengar serunya cerita-cerita rakyat dari Indonesia, seperti kisah Timun Mas, Tangkuban Perahu, dan Rara Jonggrang. Ada banyak hal yang bisa ia pelajari dari cerita rakyat, seperti nilai budaya dan pentingnya berbuat baik kepada sesama.

4. Mencoba permainan tradisional

Kehadiran gadget bisa membuat generasi muda ketagihan dan malas keluar rumah. Coba kurangi ketergantungan tersebut dengan mengajaknya bermain permainan tradisional seperti gobak sodor, engklek, kelerang bola bekel, congklak, dan lompat tali. Permainan ini dapat menumbuhkan jiwa sportivitas dan kerjasama.

5. Menikmati kekayaan kuliner Indonesia

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan kekayaan kuliner terbaik di dunia. Jangan sia-siakan kesempatan emas ini untuk mengajak mereka berkelana dan mengeksplor keberagaman hidangan Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke.

0 komentar:

Posting Komentar