Senin, 15 April 2019

Agar Cepat Cair, Cek Cara Klaim Asuransi Prudential dengan Benar


Agar Cepat Cair, Cek Cara Klaim Asuransi Prudential dengan Benar

Saat ini terlihat cukup banyak iklan yang menawarkan tentang asuransi. Berbagai macam perusahaan asuransi memberikan penawaran yang menarik untuk menarik minat masyarakat. Jika sudah berbicara tentang asuransi maka tidak akan jauh dengan polis, cara klaim asuransi Prudential, dan masih banyak yang lainnya. Sebelum membicarakan itu semua, ketahui terlebih dulu pengertian asuransi. 

Sebenarnya asuransi adalah sebuah kontrak perjanjian sah yang dilakukan oleh dua pihak yaitu perusahaan asuransi dan pihak lain. Pada perjanjian tersebut perusahaan asuransi sebagai penanggung dan pihak lain sebagai tertanggung yang memanfaatkan jasa perusahaan asuransi.

Cara Klaim Asuransi Prudential dengan Benar

Pada perjanjian tersebut perusahaan asuransi akan menanggung sejumlah kerugian yang mungkin akan timbul di masa mendatang dengan imbalan bayaran tertentu yang disebut premi dan premi tersebut dibayar oleh tertanggung secara periodik sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati bersama. Dalam perjanjian tersebut juga bisa melakukan klaim ketika tertanggung mengalami sesuatu atau bahkan meninggal. Jika sudah begini sangat perlu untuk mengetahui cara klaim asuransi Prudential dengan benar.

Untuk Anda yang belum tahu, cara klaim asuransi Prudential yang benar sangat mudah. Jika akan melakukan klaim asuransi kesehatan dan Anda atau anggota keluarga harus melakukan rawat inap di rumah sakit, maka Anda harus memastikan terlebih dulu bahwa rumah sakit yang Anda pilih sudah terdaftar secara resmi menjadi rekanan rumah sakit Prudential. Setelah itu hubungi pelayanan medis Prudential yang aktif selama 24 jam untuk melaporkan klaim yang akan dilakukan dan verifikasi nomor kartu nasabah.

Setelah melapor, kumpulkan berkas lain berupa dokumen lengkap seperti KTP atau akta lahir kepada petugas administrasi rumah sakit. Kumpulkan dokumen tersebut dalam kurun waktu 1x24 jam. Jika semua prosedur sudah dilakukan dengan benar maka pihak asuransi akan melakukan pembayaran perawatan dalam bentuk nontunai. Namun perlu diketahui jika terdapat selisih dari total perawatan dengan jumlah manfaat yang diterima, maka nasabah harus membayar selisih atau sisa tersebut sebelum rawat inap selesai.

Jika tidak melakukan rawat inap dan ingin mengajukan klaim rawat jalan khususnya untuk situasi darurat kecelakaan, maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah bahwa tidak semua manfaat asuransi rawat jalan diterima secara nontunai. Oleh karena itu, pastikan terlebih dulu untuk mengetahui manfaat tanggungan yang  akan diterima. Selain itu ketahui rekanan rumah sakit yang tersedia. 

Jika melakukan rawat jalan darurat kecelakaan, segera tunjukkan kartu peserta nasabah kepada petugas UGD agar proses verifikasi lebih mudah dilakukan. Jika semua sudah dilakukan sesuai syarat namun tidak bisa dilakukan pembayaran nontunai, maka pembayaran bisa dilakukan secara reimbursement.

Untuk Anda yang belum tahu, reimbursement pada istilah keuangan merupakan sistem pembayaran yang mengharuskan nasabah membayar tagihan rumah sakit terlebih dulu. Jika sudah dan pengajuan klaim asuransi sudah dilakukan, maka pihak Prudential akan melakukan pengembalian biaya yang sudah Anda keluarkan. Pengembalian biaya tersebut berjumlah sesuai dengan tagihan rumah sakit yang sudah Anda berikan.

Klaim reimbursement akan berbeda jika kasus yang dimiliki adalah cacat total, penyakit kritis, dan kecelakaan. Untuk mengajukan klaim tersebut harus menyertakan polis asli dan formulir klaim yang sudah diisi engan benar. Selain itu diperlukan juga surat keterangan dokter dengan pengajuan klaim yang diinginkan dan catatan medis yang sudah diperiksa di rumah sakit, serta dokumen pribadi nasabah.

Itulah sedikit ulasan tentang cara klaim asuransi Prudential dengan benar agar cepat cair. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar