Kamis, 09 Mei 2019

Inilah Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Mobil


Inilah Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Memilih Asuransi Mobil

Dengan meningkatnya angka kecelakaan dalam negeri, membuat masyarakat kini semakin terbuka dengan pelayanan asuransi. Dulu, masyarakat sangat enggan memberikan jaminan terhadap kendaraannya. Tapi kini, tingkat kepercayaan masyarakat akan pelayanan solusi asuransi kian meningkat. 

Namun, dengan semakin meningkatnya anemo masyarakat akan asuransi kendaraan, banyak oknum nakal yang mencoba peruntungannya dengan menjadi pihak asuransi bodong. Untuk menghindari hal ini, berikut hal-hal yang harus diperhatikan ketika hendak memilih asuransi mobil.

Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Ketika Hendak Beli Asuransi Mobil

1. Pilih Asuransi Sesuai Kebutuhan

Jika kita telisik, terdapat 2 jenis asuransi yang bisa kita temukan, yaitu asuransi all risk dan asuransi total loss only (TLO). Keduanya dibedakan dari segi porsi pembiayaan mobil jika terjadi kerusakan. Untuk anda yang tidak memiliki masalah pembiayaan, asuransi all risk bisa menjadi pilihan paling tepat, asuransi ini sangat disarankan bagi anda yang memiliki mobil mewah. 

Asuransi all risk akan mengcover hampir semua kerusakan mobil mulai dari kerusakan ringan, hingga kerusakan terberat. Sedangkan asuransi TLO, membantu mengcover semua kerusakan mobil dengan tingkat kerusakan paling rendah 75% hingga 100% dengan biaya premi lebih murah. Anda bisa memilih diantara keduanya dengan menyesuaikan kemampuan finansial dan jenis mobil yang akan anda asuransikan.

2. Pilih Pelayanan Asuransi Terpercaya

Dengan semakin menjamurnya pelayanan asuransi umum yang ada, terkadang membuat kita bingung mana yang diantaranya memiliki pelayanan terbaik. Memilih juga menjadi hal yang sangat penting, karena tak semua jasa asuransi menyediakan pelayanan yang sesuai dengan keinginan kita. 

Untuk mendapatkan penyedia jasa asuransi terpercaya, anda hanya perlu memastikan apakah jasa asuransi tersebut sudah diakui oleh lembaga OJK atau belum. OJK (Otoritas Jasa Keuangan) ini memiliki tugas untuk mengontrol dan mengawasi kegiatan perusahaan jasa keuangan, termasuk asuransi di Indonesia.

3. Jangan Tergiur Nilai Premi Yang Murah

Bagi anda yang baru pertama kali mencari pelayanan asuransi kendaraan, pasti bakal sering menjumpai pelayanan asuransi dengan harga premi terlampau murah. Jangan tergiur dengan tawaran tersebut, karena bisa saja pihak terkait tidak memiliki kualitas atau repurtasi yang baik. 

Apalagi kini pihak OJK memberikan peraturan terbaru dengan memberikan harga standart yang harus dibayarkan nasabah kepada penyedia jasa asuransi. Untuk itu, jangan sesekali membeli asuransi mobil dengan harga yang tidak masuk akal.

4. Pilih Pelayanan Asuransi Yang Memberikan Banyak Kemudahan

Sebelum memutuskan untuk menjadi nasabah, kita akan dianjurkan untuk membaca lembaran polis untuk mengetahui bagaimana teknis asuransi dapat berjalan nantinya. Namun, tak banyak pihak yang memberikan perhatian khusus akan hal satu ini, padahal pembacaan polis bisa membantu anda mengetahui, apakah jasa asuransi tersebut sesuai dengan keinginan atau tidak. 

Ketika membaca polis, pastikan jika proses klaim nantinya sangat efisien, mudah dan juga transparan. Jangan pernah menerima jasa asuransi dengan polis yang terlalu bertele-tele dan ujung-ujungnya hanya merugikan anda. Pastikan juga jika pelayanan asuransi mobil memiliki tenaga profesional dan juga memiliki jaringan bengkel yang tersebar di berbagai kota.

Itulah beberapa hal yang harus anda perhatikan ketika hendak beli asuransi mobil terpercaya. Dengan memilih jasa asuransi yang berkualitas, anda akan terhindar dari resiko kerugian. Selain itu, mendapatkan pelayanan secara profesional juga mengoptimalkan pelayanan ketika anda benar-benar mengalami peristiwa tak terduga seperti kecelakaan atau pencurian. Semoga informasi di atas bisa membantu anda untuk memilih jasa asuransi yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda.

0 komentar:

Posting Komentar