Selasa, 14 Mei 2019

Kenali 5 Ciri Pinjaman Dana Cepat Terpercaya Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Kenali 5 Ciri Pinjaman Dana Cepat Terpercaya Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Akhir bulan merupakan waktu yang paling krusial untuk menghemat uang. Disela-sela penghematan tersebut, tiba-tiba ibu Anda menelpon untuk mengabari bahwa ayah Anda tiba-tiba sakit keras dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Anda mau tidak mau harus membantu ibu Anda meskipun tabungan sebenarnya sangat tipis dan Anda tidak memiliki pegangan uang sebanyak yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda pun membutuhkan pinjaman dana cepat sebagai solusinya.

Jika Anda pernah mengalami kasus darurat seperti di atas, tentu langkah pertama yang Anda lakukan yaitu melakukan pinjaman dana dengan pencairan yang cepat. Dana cepat umumnya bisa didapatkan pada pinjaman online. Dengan begitu, Anda pun langsung saja meminjam dana pada salah satu website yang ada di internet. Namun tak lama kemudian Anda malah dimintai sejumlah uang dengan alasan untuk biaya administrasi lah, untuk itu lah, dan sebagainya.

Modus seperti itu sudah seharusnya Anda waspadai karena tidak menutup kemungkinan adanya modus penipuan. Modus penipuan seperti ini sudah marak di internet apalagi yang mengatasnamakan pinjaman online. Anda harus berhati-hati karena mereka bisa saja menggunakan modus baru yang sama sekali tidak terlihat adanya unsur penipuan. Jika Anda terkena jebakan tersebut, maka Anda akan mengalami kerugian bahkan dengan nominal yang tidak sediikit.

Apa saja modus penipuan pinjaman online?

Jika Anda tidak berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok pinjaman online, maka Anda harus bersiap-siap untuk mengalami kerugian. Namun, Anda bisa mengantisipasinya mulai dari sekarang dengan mengetahui beberapa modusnya sebagai berikut.

1. Penawaran melalui e-mail maupun sms.

Kedok penipuan pinjaman online biasanya dilakukan melalui e-mail maupun sms. Anda pasti pernah mendapatkan sms random yang mengatasnamakan pinjaman online tertentu dengan nomor telepon tidak resmi. Anda perlu berhati-hati karena hal tersebut merupakan ciri-ciri modus penipuan. Ada baiknya diabaikan atau jika perlu dihapus saja pesannya aga tidak mengganggu.

2. Meminta uang muka 

Modus penipuan yang kedua yaitu meminta sejumlah uang yang harus dibayarkan di muka. Setiap pinjaman online pada dasarnya memiliki biaya administrasi maupun biaya layanan, namun hal tersebut biasanya dilakukan dengan cara memotongnya dari dana yang Anda pinjam, bukan dengan memungut biaya di awal-awal.

3. Menelpon Anda berkali-kali

Penipu pinjaman online yang gigih akan terus berusaha untuk meneror Anda dengan terus menghubungi via telpon. Hal tersebut mereka lakukan untuk memaksa Anda melakukan pinjaman kepada mereka. Cara mengatasinya cukup block saja nomor mereka agar tidak mengganggu ketenangan Anda.

4. Meminta pin ATM dan kartu kredit

Yang lebih ekstrem, penipu pinjaman online nekad untuk meminta nin ATM dan kartu kredit dengan alasan untuk verifikasi data, dan sebagainya. Hal tersebut sangat terlihat jelas bahwa mereka sedang melakukan penipuan. Jangan pernah memberikan nomor identitas apapun apalagi kepada orang yang tidak dikenal.

Lalu, apa saja ciri-ciri pinjaman dana online yang terpercaya?

Kenali 5 Ciri Pinjaman Dana Cepat Terpercaya Ini Agar Anda Tidak Tertipu

Jika Anda membutuhkan dana cepat dalam waktu yang dekat, maka Anda harus cermat dalam memilih penyedia pinjaman online yang terpercaya. Ciri-ciri pinjaman online yang terpercaya memiliki ciri sebagai berikut.

1. Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Hal pertama yang harus Anda cek yaitu memastikan bahwa penyedia pinjaman online tersebut sudah terdaftar di OJK. Dengan begitu, penyedia pinjaman dana tersebut akan mengikuti standar aturan yang sudah ditetapkan oleh OJK. Agar lebih pasti, Anda harus mengeceknya di situs resmi OJK untuk mengetahui daftar-daftar penyedia pinjaman dana mana saja yang legal maupun illegal.

2. Tidak memberikan bunga dalam jumlah yang besar

Jika lembaga maupun perusahaan penyedia pinjaman tersebut memberikan bunga yang tidak terlalu besar, maka bisa dipastikan lembaga tersebut bisa dipercaya. Agar lebih mudahnya, Anda bisa menjadikan acuan bunga yang diberikan Bank dengan bunga yang diberikan pihak lembaga penyedia pinjaman online. Bunga yang diberikan rata-rata berkisar antar 0,7% sampai 2% per bulannya.

3. Memiliki alamat kantor

Salah satu hal yang tidak boleh disepelekan yaitu alamat jelas kantor lembaga penyedia pinjaman. Meskipun layanannya berbasis online, namun tetap saja alamat kantor bisa menjadi acuan apakah lembaga tersebut legal maupun illegal. Anda bisa mencarinya melalui pencarian Google untuk mencari alamat tersebut.

4. Memiliki situs dan alamat e-mail yang resmi

Selain alamat kantor yang jelas, Anda juga harus memeriksa apakah lembaga tersebut memiliki website resmi atau tidak. Website yang resmi biasanya ditandai dengan awalan “https” bukan “http” karena website tersebut sudah menerapkan protocol SSL yang bisa mencegah penyadapan data pelanggan. Selain itu, pastikan juga lembaga tersebut memiliki e-mail yang resmi, bukan e-mail gratisan seperti gmail, yahoo, ymail, dan lain sebagainya.

5. Memiliki transparansi dalam proses peminjaman

Lembaga  pinjaman online yang terpercaya tentu memiliki transparansi dalam proses peminjaman dana. Pihak mereka akan menjelaskan sedetail mungkin proses dan mekanisme dalam peminjaman, seperi masa tenor, bunga, jumlah dana yang bsa dipinjam, dan lain-lain.

Demikianlah beberapa ciri penyedia pinjaman dana yang terpercaya. Cekaja.com atau https://www.cekaja.com/kredit bisa membantu Anda mendapatkan dana cepat dengan transaksi yang aman dan terpercaya.

0 komentar:

Posting Komentar