Minggu, 16 Februari 2020

4 Langkah Mempersiapkan Mobil Tetap Aman saat Musim Hujan


4 Langkah Mempersiapkan Mobil Tetap Aman saat Musim Hujan

Saat musim hujan telah tiba, sudah waktunya Anda mempersiapkan mobil untuk selalu basah dan kotor. Bukan hanya body mobil yang nantinya basah dan kotor, mungkin saja mesin mobil Anda ikut kotor dan mungkin rusak. Oleh sebab itulah kondisi mesin memerlukan perhatian ekstra, khususnya ketika terendam air banjir. Bahkan curah hujan yang berpotensi banjir inilah yang membuat Anda harus segera mengurus administrasi korban banjir untuk antisipasi.

Langkah Mempersiapkan Mobil Tetap Aman saat Musim Hujan

Performa mesin saat musim hujan, khususnya di perkotaan yang sering banjir, akan terasa tidak enak setelah terendam air. Akan tetapi, Anda tidak perlu merasa panik dan khawatir karena Anda bisa mempersiapkan beberapa hal sebelum menggunakan mobil tersebut. Kemungkinan buruk mungkin saja Anda dapatkan setelah menjadi korban kendaraan banjir. Tapi tenang saja, di bawah ini akan diuraikan pertolongan pertama seperti apa yang perlu Anda lakukan saat mobil terendam banjir.

1. Wiper

Langkah sederhana yang perlu Anda lakukan ialah mempersiapkan wiper kaca depan mobil Anda. Apabila diperlukan lebih baik ganti karet penyeka kaca tersebut untuk antisipasi. Penggantian ini salah satunya mencegah karet penyeka itu mengeras karena terkena air banjir yang kotor. Ketika Anda menggunakan mobil pada cuaca normal setelah banjir dan wipernya belum diganti, maka harus siap dengan kaca mobil yang akan tergores dan proses menyeka kaca menjadi tidak bersih.

2. Wiper Fluid
Cairan pembersih kaca yang perlu Anda persiapkan selanjutnya setelah mobil terendam air banjir. Saat membersihkannya, sangat disarankan tidak hanya menggunakan aquades dengan wiper fluid saja. Untuk hasil yang maksimal, Anda perlu menambahkan aquades dengan shampo mobil atau screen wash. Campuran kedua bahan ini terbukti bisa membersihkan kotoran dengan sempurna akibat dari air banjir yang kotor. Kehadiran wiper fluid ini bikin kamu siap hadapi banjir.

3. Kaca Mobil

Nah, kini saatnya Anda memperhatikan kacanya dengan menggunakan rain repellent pada permukaan kaca. Produk ini bisa Anda dapatkan di toko-toko perawatan mobil biasa. Produk ini pun bisa membantu menutup pori-pori permukaan kaca sehingga airnya dengan mudah meluncur ke bawah.

Cara kerja rain repellent selayaknya saat air dituangkan pada daun talas, yaitu membawa setiap kotoran yang belum terbuang. Sebelum mengaplikasikan produknya, pastikan permukaan kaca dalam keadaan bersih.

4. Lampu Mobil

Saat hujan tiba, siang ataupun malam kondisi jalanan akan terlihat gelap karena tertutup dengan curah hujan yang rapat dan tinggi. Untuk membantu Anda tetap bisa mengendarai kendaraan, maka memaksimalkan lampu mobil Anda agar tetap terang dan terlihat oleh pengendara lain.

Untuk memaksimalkan kegunaan lampu mobil ini, Anda bisa menambahkan lampu tambahan seperti tail lamp dan city lamp. Dalam hal ini, lampu mobil tidak hanya mendukung visibilitas saja, melainkan menunjang keselamatan diri Anda.

Demikianlah tips mempersiapkan mobil tetap aman dalam kondisi hujan yang berpotensi banjir. Selain hal teknis yang perlu Anda persiapkan dimusim penghujan, Anda pun perlu mengurus administrasi korban banjir barangkali ada surat-surat berharga mobil Anda yang hilang.

Persiapan lainnya ialah Anda harus siap melewati banjir yang dengan cara memperhatikan ketinggian ketinggian air, susun rute penyusuran, jaga kecepatan tetap konsisten, dan jika terjebak banjir yang terlalu dalam maka matikan mesin mobil dan meminta bantuan orang sekitar untuk bersama-sama mendorongnya ke tempat yang aman.


0 komentar:

Posting Komentar