Senin, 20 April 2020

Cara Menambah Daya Tahan Tubuh untuk Lawan Infeksi Virus Corona


Cara Menambah Daya Tahan Tubuh untuk Lawan Infeksi Virus Corona

Ditengah wabah virus corona yang cukup mencemaskan dan menyebabkan kepanikan membuat banyak mitos untuk meningkatkan tubuh terhindar dari infeksi. Namun hingga saat ini belum ada cara yang tepat namun dapat diminimalisir dengan beberapa hal. Salah satunya dengan mengonsumsi vitamin selama di rumah untuk tetap menjaga kekebalan tubuh dan untuk tetap mencegah penyebaran maka tetap sering mencuci tangan dari luar rumah.

Berikut adalah vitamin tubuh untuk cegah virus corona terinfeksi diantaranya:

- Vitamin A yang memiliki peranan untuk kesehatan kulit yang mendorong pertumbuhan sel, pertumbuhan tulang dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, diproduksi oleh tubuh dari hati ayam dan wortel, kekurangan vitamin A akan mengurangi kemampuan dalam melihat kondisi kurang cahaya dan terlalu banyak vitamin A akan sulit larut dalam air yang berbahaya untuk kesehatan.

- Vitamin B5 atau vitamin B kompleks yang membantu konversi lemak maupun gula pada makanan untuk sumber tenaga, lebih mudah larut dalam air, ditemukan pada makanan seperti kuning telur, daging ayam, ikan, susu dan telur, kekurangan vitamin B5 akan membuat gangguan mati rasa dan kejang-kejang, kondisi ringan seperti gangguan pencernaan, sakit kepala, insomnia.

- Vitamin B2 atau ribolflavin untuk mengubah kalori menjadi protein, karbohidrat dan lemak serta energi pada tubuh, lebih larut dalam air, mudah dicerna, memiliki peranan untuk menjaga kesehatan, berperan dalam pembentukan sel darah merah, ditemukan pada susu, hati dan daging.

Selain itu, vitamin C yang memberikan perlindungan kuat pada tubuh dari kerusakan akibat adanya radikal bebas dan menjaga kondisi serta mampu memulihkan kondisi tubuh. Vitamin C lebih mudah larut dalam air dan memiliki asam karbonat sebagai bentuk kimia utamanya. Vitamin C diperlukan untuk menjaga kolagen yang menghubungkan antara jaringan serabut, tulang rawat, kulit, urat dan jaringan tubuh manusia. Vitamin C akan menangkal nitrit sebagai penyebab kanker. Defisiensi asam karbonat akan menyebabkan lidah menjadi pecah-pecah atau kulit menjadi kasar dan gusi tidak sehat.

Vitamin D dibentuk dalam tubuh ketika terkena sinar matahari untuk menyerap kalsium untuk menguatkan tulang dan membentuk struktur gigi dan tulang. Vitamin ini akan memperkuat imunitas tubuh serta mencegah berbagai penyakit kanker. Defisiensi vitamin D dari gangguan penyakit diabetes, osteopenia, osteoporosis, hipertensi, diabetes dan penyakit lainnya. Vitamin C mampu diserap oleh tubuh dan induksi terjadi ketika terkena UVB dan membentuk senyawa kortisol pada tubuh dan diedarkan pada tubuh. Vitamin E untuk memerangi kerusakan karena melawan radikal bebas, kesehatan tubuh dan tidak mudah larut pada air. Vitamin ini ditemukan pada mentega, susu, sayuran dan kecambah serta dari makanan segar.

Berikut adalah cara meningkatkan kekebalan tubuh diantaranya:

- Pertimbangkan untuk mengonsumsi produk suplemen dan herbal yang digunakan untuk meningkatkan imunitas tubuh namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

- Kelola stres karena stres akan menyebabkan hormon kortisol diproduksi dan menyebabkan sistem imun tubuh mengalami pelemahan.

- Sebaiknya membatasi alkohol, alkohol hanya dapat membunuh bakteri dipermukaan benda mati dan konsumsi alkohol berlebih akan melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, kekebalan tubuh yang sangat penting ditengah virus corona adalah dengan menghindari rokok karena akan mengurangi pembentukan antigen sel T dan sel B untuk sistem imun tubuh. Konsumsi vitamin yang baik untuk memperkuat sistem imun tubuh dari sayuran dan buah segar. Miliki gizi seimbang dan sebaiknya menghindari makanan cepat saji.


0 komentar:

Posting Komentar